TATA ATURAN FESTIVAL BAND
SPARTANS
“Civil In Action 2014”
Pasal 1
Ketentuan Umum
Festival band merupakan ajang uji kreativitas bakat dan minat
pelajar/mahasiswa atau masyarakat dalam bidang music band yang menjunjung
bahasa dan seni.
Pasal 2
Kepesertaan
1. Perlombaan ini diikuti
oleh pelajar dan mahasiswa.
2. Satu kelompok
beranggotakan maksimal 8 orang.Dan boleh membawa suporter sebanyak-banyaknya.
3. Peserta merupakan
siswa/siswi dari sekolah / universitas yang disebutkan di form registrasi apabila
band tersebut merupakan perwakilan dari sekolah atau universitas tertentu.
4. Peserta yang tidak mengikuti technical meeting dianggap mengetahui dan menyetujui dan taat pada semua keputusan panitia.
4. Peserta yang tidak mengikuti technical meeting dianggap mengetahui dan menyetujui dan taat pada semua keputusan panitia.
5. Peserta tidak diperbolehkan merangkap
atau bermain di 2 atau lebih group Band berbeda.
6. Jika ada anggota band yang
berhalangan/sakit, harus melaporkan/konfirmasi ke panitia sehari sebelum
tampil, dengan tetap mengkuti ketentuan yang berlaku.
Pasal 3
Kriteria Lagu
Babak Audisi
Setiap peserta
membawakan 2 (dua) lagu dengan kriteria :
1. Satu buah lagu bebas
(Berbahasa Inggris atau Berbahasa Indonesia).
- Satu buah lagu wajib dengan pilihan sebagai berikut :
Ø DREAM THEATER – THE SPIRIT CARRIES ON
Ø ALTER BRIDGE – ONE DAY REMAINS
Ø JAMES BROWN – I FEEL GOOD
Ø MR. BIG – GO GO POWER RANGER
Ø BOB MARLEY - WAITING IN VAIN
Ø BONJOVI – ALWAYS
Ø THE DOORS – ROADHOUSE BLUES
Ø EVANESENCE – BRING ME TO LIFE
Ø ADELE – ROLLING IN THE DEEP
Ø GODBLESS - MUSISI
Ø FUNKY KOPRAL – SUPER FUNK
Ø BENYAMIN S – KOMPOR MLEDUK
Ø GIGI – SANG PEMIMPI
Ø ANGGUN – MIMPI
Ø KOES PLUS – JEMU
Ø KOTAK – BERAKSI
Ø ARI LASSO – MENGEJAR MATAHARI
Ø NICKY ASTRIA - PANGGUNG SANDIWARA
Ø GUGUN BLUES SHELTER – WHEN I SEE YOU AGAIN
- Satu buah lagu bebas pilihan peserta berbahasa inggris atau bahasa Indonesia.
Babak Grand Final
Setiap peserta
membawakan 1 (satu) buah lagu :
·
Satu buah lagu bebas (diharapkan lagu daerah) dan Diharapkan di aransemen oleh peserta.
·
Boleh menambahkan alat musik tradisional tanpa menambah player.
Pasal 4
Unsur Penilaian
Unsur penilaian
festival band terdiri dari :
1. Materi Vocal.
2. Harmonisasi.
3. Style/penampilan.
4. Performance.
5. Originalitas dari
aransemen yang dibawakan.
6. Ketepatan Waktu.
Pasal 5
Tahapan Festival Band
Festival Band terdiri
dari dua tahapan lomba, yaitu :
1. Babak Audisi.
2. Babak Grand Final.
Pasal 6
Babak Audisi
1. Babak audisi merupakan
babak kualifikasi kelompok band yang akan tampil pada babak Grand Final.
2. Babak Audisi diikuti
oleh seluruh peserta.
3. Kriteria penilaian
babak audisi sebagaimana dijelaskan pada pasal 4.
4. Pelaksanaan audisi
tepat dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Pancasila.
5. Penilaian murni dari
juri yang ditunjuk oleh panitia juga diawasi oleh panitia dan tidak ada campur
tangan pihak lain.
Pasal 7
Babak Grand Final
1. Babak grand final
merupakan babak unjuk kemampuan bermain musik/ band dihadapan juri dan
audiens.
2. Babak grand final
hanya diikuti oleh 10 Group Band yang lolos babak audisi.
3. Pelaksanaan grand
final dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Pancasila.
4. Pemenang ditentukan
oleh penilaian juri.
Pasal 8
Peralatan
1. Peralatan lomba
berasal dari panitia dan peserta.
2. Peserta boleh dan
bebas membawa peralatan sendiri.
3. Panitia hanya
menyediakan percussion (drum), 1 Bass Guitar, 1 Guitar Melodi, 1 Guitar Rhythm
dan 2 efek.
4. Selain peralatan yang
disediakan panitia diatas, alat bantu pementasan yang lain disediakan oleh
peserta.
5. Apabila terjadi
kerusakan (berat) pada alat band setelah pementasan group band tertentu, yang
terjadi secara sengaja/tidak disengaja adalah menjadi tanggung jawab group atau
peserta band tersebut.
Pasal 9
Teknis Lomba
1. Pada hari H para
peserta diwajibkan untuk datang paling lambat setengah jam sebelum jadwal yang
telah ditentukan pada saat technical meeting.
2. Peserta tampil berdasarkan nomor urut yang telah diperoleh saat technical meeting.
3. Panitia akan memanggil peserta dengan menyebutkan nomor urut tampil, dan nama group band.
4. Peserta yang telah dipanggil namun belum ada, maka diberikan toleransi keterlambatan 10 menit.
5. Keterlambatan diberi toleransi hanya 10 menit atau 3x pemanggilan atas nama band yang bersangkutan.
6. Apabila pada pemanggilan terakhir namun tetap belum ada, maka peserta sudah dianggap gugur.
7. Peserta tidak dalam keadaan mabuk atau memakai drugs.
8. Peserta yang membuat kericuhan saat lomba akan didiskualifikasi.
9. Panitia berhak mencoret atau men-diskualifikasi band yang datang terlambat dan melebihi dari waktu yang ditoleransi atau melanggar ketentuan yang telah ditetapkan.
2. Peserta tampil berdasarkan nomor urut yang telah diperoleh saat technical meeting.
3. Panitia akan memanggil peserta dengan menyebutkan nomor urut tampil, dan nama group band.
4. Peserta yang telah dipanggil namun belum ada, maka diberikan toleransi keterlambatan 10 menit.
5. Keterlambatan diberi toleransi hanya 10 menit atau 3x pemanggilan atas nama band yang bersangkutan.
6. Apabila pada pemanggilan terakhir namun tetap belum ada, maka peserta sudah dianggap gugur.
7. Peserta tidak dalam keadaan mabuk atau memakai drugs.
8. Peserta yang membuat kericuhan saat lomba akan didiskualifikasi.
9. Panitia berhak mencoret atau men-diskualifikasi band yang datang terlambat dan melebihi dari waktu yang ditoleransi atau melanggar ketentuan yang telah ditetapkan.
Pasal 10
Teknis Waktu
1. Persiapan, check
sound, dan durasi setiap penampilan, diberikan waktu selama maksimal 15 menit.
2. Peserta yang melanggar
aturan waktu sebagaimana disebutkan diatas akan ada pengurangan nilai dari
juri.
Pasal 11
Dewan Juri
Dewan juri berasal
dari :
·
Dosen Seni Institut Kesenian Jakarta (IKJ)
·
Seorang personil band berpengalaman
·
Penyiar radio
Pasal 12
Waktu dan tempat kegiatan
Kegiatan Festival Band
pelaksanaannya diatur sebagai berikut :
1. Technical Meeting
untuk audisi :
Hari/Tanggal: Jumat, 21 Maret 2014
Waktu : 14.00WIB s/d
Selesai
Tempat : Fakultas Teknik
Universitas Pancasila
2. Babak Audisi
Hari/Tanggal :Kamis,
27 Maret 2014
Waktu : 10.00 WIB s/d
Selesai
Tempat : Gedung Serba Guna
(GSG) Universitas Pancasila
3. Grand Final
Hari/Tanggal : Jumat,
28 Maret 2014
Waktu : 13.00 WIB s/d
Selesai
Tempat : Gedung Serba Guna (GSG) Universitas
Pancasila.
Pasal 13
Syarat dan ketentuan
pendaftran
1. Festival Band terbuka
untuk semua kalangan.
2. Mengisi formulir
pendaftaran yang disediakan oleh panitia dengan melampirkan kartu tanda
pengenal.
3. Membayar biaya
pendaftaran sebesar Rp. 150.000,-
4. Peserta yang telah
mendaftar namun mengundurkan diri karena sesuatu hal, uang pendaftaran tidak
akan kembalikan.
Pasal 14
Waktu dan tempat
Pendaftaran
1. Pendaftaran di tutup
tanggal 21 Maret 2014
2. Pendaftaran
dilaksanakan dengan cara mendownload formulir pendaftaran di blog SPARTANS CIA dan mengembalikan langsung
ke sekretariat Himpunan Mahasiswa Sipil, Universitas Pancasila.
3. Formulir dapat
dikembalikan setiap hari senin – jumat mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.
4. Peserta band dibatasi,
jika pada sebelum akhir pendaftaran yaitu tanggal 21 Maret 2014 peserta sudah
memenuhi kuota peserta, maka pendaftaran akan ditutup.
Pasal 15
Persyaratan Pemenang Band Favorit
pengumpulan point oleh suporter band
dengan berbelanja di stand khusus yang telah disediakan. Setiap kelipatan Rp.10.000
akan mendapatkan 1 POINT. Dengan
mengumpulkan nota belanja dan di serahkan ke panitia band pada saat band
favoritnya tampil atau selama berlangsungnya event.
Pengumpulan nota terakhir adalah pada saat Grand Final.
Band dengan point terbanyak akan menjadi Band Favorit.
Special Reward
10 band yang dianggap
menarik akan menjadi opening guest star di acara puncak.
Penilaian dilakukan
oleh panitia dan juri.
v Pendaftaran dan
informasi lain bisa menghubungi :
Ø
Arya : 085244118008
No comments:
Post a Comment