CIA Spartans' Teaser

Wednesday, February 12, 2014

Festival Band Civil In Action 2014


TATA ATURAN FESTIVAL BAND
SPARTANS
“Civil In Action 2014”

Pasal 1
Ketentuan Umum
Festival band merupakan ajang uji kreativitas bakat dan minat pelajar/mahasiswa atau masyarakat dalam bidang music band yang menjunjung bahasa dan seni.
Pasal 2
Kepesertaan

1.   Perlombaan ini diikuti oleh pelajar dan mahasiswa.
2.   Satu kelompok beranggotakan maksimal 8 orang.Dan boleh membawa suporter sebanyak-banyaknya.
3.   Peserta merupakan siswa/siswi dari sekolah / universitas yang disebutkan di form registrasi apabila band tersebut merupakan perwakilan dari sekolah atau universitas tertentu.
4.   Peserta yang tidak mengikuti technical meeting dianggap mengetahui dan menyetujui dan taat pada semua keputusan panitia.
5.   Peserta tidak diperbolehkan merangkap atau bermain di 2 atau lebih group Band berbeda.
6.   Jika ada anggota band yang berhalangan/sakit, harus melaporkan/konfirmasi ke panitia sehari sebelum tampil, dengan tetap mengkuti ketentuan yang berlaku.

Pasal 3
Kriteria Lagu
Babak Audisi
Setiap peserta membawakan 2 (dua) lagu dengan kriteria :
1.     Satu buah lagu bebas (Berbahasa Inggris atau Berbahasa Indonesia).
  • Satu buah lagu wajib dengan pilihan sebagai berikut : 
Ø  METALICA – ENTERSANDMAN 
Ø  DREAM THEATER – THE SPIRIT CARRIES ON 
Ø  ALTER BRIDGE – ONE DAY REMAINS 
Ø  JAMES BROWN – I FEEL GOOD 
Ø  MR. BIG – GO GO POWER RANGER 
Ø  BOB MARLEY - WAITING IN VAIN 
Ø  BONJOVI – ALWAYS 
Ø  THE DOORS – ROADHOUSE BLUES 
Ø  EVANESENCE – BRING ME TO LIFE 
Ø  ADELE – ROLLING IN THE DEEP 
Ø  GODBLESS - MUSISI 
Ø  FUNKY KOPRAL – SUPER FUNK 
Ø  BENYAMIN S – KOMPOR MLEDUK 
Ø  GIGI – SANG PEMIMPI 
Ø  ANGGUN – MIMPI 
Ø  KOES PLUS – JEMU 
Ø  KOTAK – BERAKSI 
Ø  ARI LASSO – MENGEJAR MATAHARI 
Ø  NICKY ASTRIA - PANGGUNG SANDIWARA 
Ø  GUGUN BLUES SHELTER – WHEN I SEE YOU AGAIN

  • Satu buah lagu bebas pilihan peserta berbahasa inggris atau bahasa Indonesia.


Babak Grand Final
Setiap peserta membawakan 1 (satu) buah lagu :
·         Satu buah lagu bebas (diharapkan lagu daerah) dan Diharapkan di aransemen oleh peserta.
·         Boleh menambahkan alat musik tradisional tanpa menambah player.
Pasal 4
Unsur Penilaian
Unsur penilaian festival band terdiri dari :
1.     Materi Vocal.
2.     Harmonisasi.
3.     Style/penampilan.
4.     Performance.
5.     Originalitas dari aransemen yang dibawakan.
6.     Ketepatan Waktu.

Pasal 5
Tahapan Festival Band
Festival Band terdiri dari dua tahapan lomba, yaitu :
1.     Babak Audisi.
2.     Babak Grand Final.


Pasal 6
Babak Audisi

1.     Babak audisi merupakan babak kualifikasi kelompok band yang akan tampil pada babak Grand Final.
2.     Babak Audisi diikuti oleh seluruh peserta.
3.     Kriteria penilaian babak audisi sebagaimana dijelaskan pada pasal 4.
4.     Pelaksanaan audisi tepat dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Pancasila.
5.     Penilaian murni dari juri yang ditunjuk oleh panitia juga diawasi oleh panitia dan tidak ada campur tangan pihak lain.

Pasal 7
Babak Grand Final

1.     Babak grand final merupakan babak unjuk kemampuan bermain musik/ band  dihadapan juri dan audiens.
2.     Babak grand final hanya diikuti oleh 10 Group Band yang lolos babak audisi.
3.     Pelaksanaan grand final dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Pancasila.
4.     Pemenang ditentukan oleh penilaian juri.

Pasal 8
Peralatan

1.     Peralatan lomba berasal dari panitia dan peserta.
2.     Peserta boleh dan bebas membawa peralatan sendiri.
3.     Panitia hanya menyediakan percussion (drum), 1 Bass Guitar, 1 Guitar Melodi, 1 Guitar Rhythm dan 2 efek.
4.     Selain peralatan yang disediakan panitia diatas, alat bantu pementasan yang lain disediakan oleh peserta.
5.     Apabila terjadi kerusakan (berat) pada alat band setelah pementasan group band tertentu, yang terjadi secara sengaja/tidak disengaja adalah menjadi tanggung jawab group atau peserta band tersebut.

Pasal 9
Teknis Lomba

1.     Pada hari H para peserta diwajibkan untuk datang paling lambat setengah jam sebelum jadwal yang telah ditentukan pada saat technical meeting.  
2.  Peserta tampil berdasarkan nomor urut yang telah diperoleh saat technical meeting.
3.  Panitia akan memanggil peserta dengan menyebutkan nomor urut tampil, dan nama group band.
4.  Peserta yang telah dipanggil namun belum ada, maka diberikan toleransi keterlambatan 10 menit.
5.  Keterlambatan diberi toleransi hanya 10 menit atau 3x pemanggilan atas nama band yang bersangkutan.
6.  Apabila pada pemanggilan terakhir namun tetap belum ada, maka peserta sudah dianggap gugur.
7.  Peserta tidak dalam keadaan mabuk atau memakai drugs.
8.  Peserta yang membuat kericuhan saat lomba akan didiskualifikasi.
9.  Panitia berhak mencoret atau men-diskualifikasi band yang datang terlambat dan melebihi dari waktu yang ditoleransi atau melanggar ketentuan yang telah ditetapkan.


Pasal 10
Teknis Waktu

1.     Persiapan, check sound, dan durasi setiap penampilan, diberikan waktu selama maksimal 15 menit.
2.     Peserta yang melanggar aturan waktu sebagaimana disebutkan diatas akan ada pengurangan nilai dari juri.

Pasal 11
Dewan Juri
Dewan juri berasal dari :
·         Dosen Seni Institut Kesenian Jakarta (IKJ)
·         Seorang personil band berpengalaman
·         Penyiar radio
Pasal 12
Waktu dan tempat kegiatan
Kegiatan Festival Band pelaksanaannya diatur sebagai berikut :
1. Technical Meeting untuk audisi :
     Hari/Tanggal: Jumat, 21 Maret 2014
     Waktu : 14.00WIB s/d Selesai
     Tempat : Fakultas Teknik Universitas Pancasila
2. Babak Audisi
     Hari/Tanggal :Kamis, 27 Maret 2014
     Waktu : 10.00 WIB s/d Selesai
     Tempat : Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Pancasila
3. Grand Final
     Hari/Tanggal : Jumat, 28 Maret 2014
     Waktu : 13.00 WIB s/d Selesai
    Tempat : Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Pancasila.



Pasal 13
Syarat dan ketentuan pendaftran

1.     Festival Band terbuka untuk semua kalangan.
2.     Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh panitia dengan melampirkan kartu tanda pengenal.
3.     Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150.000,-
4.     Peserta yang telah mendaftar namun mengundurkan diri karena sesuatu hal, uang pendaftaran tidak akan kembalikan.

Pasal 14
Waktu dan tempat Pendaftaran

1.     Pendaftaran di tutup tanggal 21 Maret 2014
2.    Pendaftaran dilaksanakan dengan cara mendownload formulir pendaftaran di blog SPARTANS CIA dan mengembalikan langsung ke sekretariat Himpunan Mahasiswa Sipil, Universitas Pancasila.
3.    Formulir dapat dikembalikan setiap hari senin – jumat mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.  
4.    Peserta band dibatasi, jika pada sebelum akhir pendaftaran yaitu tanggal 21 Maret 2014 peserta sudah memenuhi kuota peserta, maka pendaftaran akan ditutup.

Pasal 15
Persyaratan Pemenang Band Favorit

pengumpulan point oleh suporter band dengan berbelanja di stand khusus yang telah disediakan. Setiap kelipatan Rp.10.000 akan mendapatkan 1 POINT. Dengan mengumpulkan nota belanja dan di serahkan ke panitia band pada saat band favoritnya tampil atau selama berlangsungnya event. Pengumpulan nota terakhir adalah pada saat Grand Final.
Band dengan point terbanyak akan menjadi Band Favorit.

Special Reward

10 band yang dianggap menarik akan menjadi opening guest star di acara puncak.
Penilaian dilakukan oleh panitia dan juri.


v  Pendaftaran dan informasi lain bisa menghubungi :
Ø  Arya  : 085244118008

  

 

Download formulir festival band di sini 

No comments:

Post a Comment